10 January 2023

Mengenal Bahaya Adware Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

 

Mengenal Bahaya Adware Dan Cara Mengatasinya

Adware adalah software yang secara diam-diam menginstal iklan, toolbars, dan aplikasi lainnya tanpa sepengetahuan pengguna. 

Software ini dapat mengumpulkan informasi yang sensitif tentang Anda, mengubah pengaturan browser Anda, dan menghapus file yang berguna.

Bahkan, jika Anda terkena adware, Anda mungkin tidak dapat mengakses alamat web tertentu. Ini menyebabkan privasi Anda terancam dan membuat Anda sangat rentan terhadap serangan malware.

Adware juga dapat menyebabkan masalah lain, seperti menurunkan kinerja komputer Anda, menghabiskan bandwidth, dan melemahkan kemampuan Anda untuk menghubungkan ke internet. 

Ini juga berpotensi menghabiskan waktu dan uang Anda karena Anda perlu melakukan perbaikan dan pembersihan.

Karena itu, penting untuk memahami bahaya yang ditimbulkan oleh adware dan cara melindunginya. Dengan mempelajari lebih lanjut tentang adware, Anda dapat meminimalkan risiko dan menjaga privasi Anda.

Apa itu Adware dan Mengapa Anda Harus Berhati-hati

Adware adalah jenis perangkat lunak yang secara normal bertujuan untuk menghasilkan pendapatan melalui iklan.

Ia mungkin menampilkan iklan di komputer pengguna, mengubah halaman web yang dikunjungi, atau mengirim iklan ke pengguna melalui email.

Adware juga dapat mengumpulkan informasi tentang pengguna, seperti situs web yang dikunjungi, dan menggunakannya untuk mengirim iklan berdasarkan preferensi dan kebiasaan surfing yang ditetapkan.

Pengguna harus berhati-hati terhadap Adware karena dapat mengganggu pengalaman surfing dan menyebabkan kerugian privasi. 

Adware dapat membuat komputer pengguna lebih rentan terhadap serangan virus, dan mereka juga dapat mengganggu kinerja komputer.

Adware juga dapat mengumpulkan informasi pribadi pengguna, seperti alamat email, informasi kartu kredit, dan ain sebagainya.

Tanpa pengguna menyadarinya. Oleh karena itu, pengguna harus menjadi lebih hati-hati tentang Adware dan menggunakan perangkat lunak anti-malware untuk membantu mengurangi risiko yang terkait dengan penggunaannya.

Bagaimana Adware Menyerang Komputer dan Apa yang Bisa Anda Lakukan untuk Mencegahnya

Cara mencegah adware dari menyerang komputer, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

  1. Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak komputer Anda secara teratur. Update ini dapat membantu mencegah peluang serangan adware.
  2. Jangan mengklik pada iklan yang mencurigakan atau mengunduh perangkat lunak dari sumber yang tidak dikenal. Ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah adware dari menyerang komputer Anda.
  3. Gunakan aplikasi antivirus yang handal. Aplikasi antivirus yang handal dapat membantu mencegah adware dari menyerang komputer Anda dan melindungi privasi Anda.
  4. Hapus perangkat lunak yang tidak diinginkan dari komputer Anda. Beberapa adware dapat diinstal melalui perangkat lunak yang tidak diinginkan. Dengan menghapus perangkat lunak yang tidak diinginkan, Anda dapat mencegah adware dari menyerang komputer Anda.
  5. Jangan mengklik pada link dari email atau dari laman web yang mencurigakan. Email dan laman web yang mencurigakan dapat menjadi sumber adware, dan dengan menghindari mengklik pada link yang terkait, Anda dapat mencegah adware dari menyerang komputer Anda.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat membantu mencegah adware dari menyerang komputer Anda. 

Cara Menghapus Adware dari Komputer Anda

  1. Pastikan untuk membackup seluruh file penting di komputer Anda. Ini penting karena ada risiko bahwa proses pembersihan dapat menghapus data Anda.
  2. Pastikan bahwa Anda memiliki antivirus yang terbaru dan terupdate. Jika Anda tidak memiliki antivirus, Anda harus mengunduh dan menginstal salah satu dari internet.
  3. Saring file dan folder yang berhubungan dengan adware. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan program anti-malware gratis seperti Malwarebytes atau HitmanPro.
  4. Hapus file dan folder yang berhubungan dengan adware. Anda juga dapat menggunakan program anti-malware untuk melakukan ini.
  5. Jalankan skan ulang dari program anti-malware untuk memastikan bahwa adware berhasil dihapus.
  6. Restart komputer Anda. Ini akan memastikan bahwa semua perubahan telah disimpan.
  7. Jangan lupa untuk membuat cadangan file Anda sekali lagi. Ini akan memastikan bahwa data Anda aman jika terjadi masalah pada komputer Anda lagi.

Bagaimana Adware Menyebabkan Pencurian Informasi Pribadi

Adware dapat menyebabkan pencurian informasi pribadi dengan cara menyadap dan mengumpulkan informasi yang dikirimkan melalui jaringan internet. 

Adware juga dapat mengirim informasi yang diambil dari komputer pengguna kepada pihak ketiga, seperti iklan berbasis lokasi atau penyedia layanan yang tidak dikenal.

Adware juga dapat memonitor aktivitas pengguna di internet dan mengumpulkan data pribadi yang tidak diketahui oleh pengguna. 

Beberapa jenis Adware juga dapat menginfeksi komputer pengguna dan mencuri informasi sensitif, seperti kata sandi dan data pribadi.

Kesimpulan

Adware dapat membahayakan komputer dan privasi Anda dengan mengumpulkan informasi pribadi dan menyebarkan iklan berbayar. 

Dapat menyebabkan kerusakan pada sistem, mengganggu kinerja komputer, dan mengurangi kecepatan koneksi internet.

Untuk itu, disarankan untuk menggunakan program anti-malware yang kompatibel dengan sistem operasi Anda untuk melindungi komputer dari serangan adware.

 

photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
1/10/2023 1/10/2023
Buka Komentar
Tutup Komentar

0 Komentar:

Post a Comment