10 November 2016

Bulan Purnama Supermoon Terbesar Akan Muncul Pada 14 November 2016

Sponsored
purnama-supermoon
Supermoon adalah purnama yang terjadi ketika Bulan pada titik terdekat (Perigee) dengan Bumi, membuatnya tampak lebih besar dan lebih terang. Pada saat Bulan tengah mengalami kondisi Purnama dan tepat berada pada posisi Perigee, maka Bulan akan tampak lebih besar dan lebih terang cahayanya, saat itulah Bulan dikatakan mengalami fase Supermoon dimana permukaan Bulan akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang cahayanya dilihat dari Bumi.

Pada beberapa fenomena Supermoon yang telah lalu biasanya kita hanya dapat melihat Bulan akan tampak 7% lebih besar dari ukuran terkecilnya, namun pada 14 November 2016 nanti kita akan bisa melihat Supermoon persis seperti dijabarkan diatas, yaitu permukaan Bulan akan tampak 14% lebih besar dan 30% lebih terang cahayanya. Dan uniknya Supermoon kali ini bisa disaksikan oleh/di seluruh penjuru Bumi.
Menurut NASA, fenomena ini dikarenakan bulan akan mencapai fase penuh (Purnama) pada titik terdekat dengan Bumi untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade (sejak tahun 1948) dan kebetulan fenomena khusus ini tidak akan terjadi lagi untuk waktu yang lama. Bahkan diprediksi fenomena langka ini baru akan dapat disaksikan lagi setelah tahun 2034.

Fenomena Supermoon langka ini dijadwalkan akan muncul pada pukul 20:52 WIB. Jadi, bila Anda tidak ingin melewatkannya pastikan persiapkan kamera digital untuk mengabadikannya dalam memori Anda.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
November 10, 2016 November 10, 2016

0 Komentar:

Posting Komentar