07 Januari 2013

Pembahasan Tentang Perbedaan Sistem Operasi Windows 7 32-bit dan 64-bit

Sponsored
Cek Windows 32-bit atau 64-bit
Pada dasarnya istilah Windows versi 32-bit dan 64-bit mengarah pada cara kerja prosesor sebuah komputer (disebut juga dengan CPU) dalam menangani sejumlah informasi data. Windows versi 64-bit memiliki kemampuan menangani memori RAM (Random Acces Memory) dengan kapasitas yang lebih besar sehingga lebih efektif dari pada sistem 32-bit. Hal ini juga membuat sistem 64-bit secara otomatis mampu bekerja lebih cepat dibandingkan dengan sistem 32-bit.

Cara mengetahui apakah Windows Anda 32-bit atau 64-bit
Caranya adalah dengan klik kanan pada icon Computer yang ada pada desktop kemudian pilih Properties. Pada bagian System perhatikan System type. Contoh bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Computer System

Jika Anda pengguna Windows XP klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Perhatikan pada bagian System, jika tertera tulisan 64-bit itu artinya Windows XP Anda adalah 64-bit. Tapi jika tidak terlihat tulisan 64-bit atau 32-bit maka Windows Anda adalah versi 32-bit.

Atau jika Anda ingin cara yang lebih mudah untuk memeriksa apakah sistem Anda 32-bit atau 64-bit bisa menggunakan program 64-bit Checker. Silahkan mendownload programnya melalui link berikut.
64bit Checker
System Information Tool by IgorWare
64bit Checker is a small tool that will show you what version of Windows is installed on your computer, is it 64bit or 32bit version of Windows and is your processor capable of running 64bit operating systems.
Contoh tampilan program 64-bit Checker bisa Anda lihat seperti dibawah ini.
64-bit Checker
Sebaiknya pilih install versi 32-bit atau 64-bit?
Tergantung pada dukungan spesifikasi komputer Anda. Versi 64-bit mendukung lebih besar Memory RAM. Tentu komputer pun akan terasa lebih responsif meskipun menjalankan beberapa program sekaligus. Jika Anda memiliki Processor setara dengan Core 2 Duo dan memiliki RAM 4Gb maka disarankan untuk menginstal versi 64-bit. Namun jika spesifikasi komputer Anda dibawah dari yang disebutkan diatas maka sebaiknya menggunakan versi 32-bit saja.


Cara mengetahui apakah komputer Anda mendukung sistem versi 64-bit
Buka Control Panel > System and Security > Review your computer's status and resolve issues. Pada bagian sidebar sebelah kiri layar klik View performance system > View and print detailed performance and system information. Pada bagian System perhatikan baris 64-bit capable, jika terdapat tulisan Yes itu berarti komputer Anda mendukung sistem 64-bit dan jika terdapat tulisan No maka komputer Anda tidak mendukung sistem 64-bit.
System Information
Cara lain yang lebih mudah adalah menggunakan program 64-Checker, informasi detilnya tersedia pada kolom Processor. Jika tertera tulisan Your CPU supports 64bit (x64) operating system itu berarti komputer Anda mendukung sistem versi 64-bit.

Informasi tambahan lain, program yang dirancang untuk sistem 32-bit memiliki kemungkinan bisa dijalankan pada sistem 64-bit. Namun program yang dibuat khusus untuk sistem 64-bit tidak dapat dijalankan pada sistem 32-bit. Begitu pula berlaku untuk driver device.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Januari 07, 2013 Januari 07, 2013

0 Komentar:

Posting Komentar