10 Januari 2013

Bolehkah Dalam Satu Komputer/Laptop Dipasang Memori RAM Dengan Model dan Ukuran Yang Berbeda?

Sponsored
Random Acces Memory - RAM
RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory yaitu salah satu komponen Hardware yang sangat berperan dalam mendongkrak performa sebuah PC (Personal Computer). Semakin besar tersedianya ruang penyimpanan memori RAM maka semakin banyak dan maksimal pula kinerja sebuah komputer dalam mengolah data perintah dari processor.

Oleh karena itulah jika seseorang ingin melakukan Upgrading System (untuk keperluan game misalnya) demi mendapatkan performa terbaik dari sebuah PC maka upgrading RAM juga termasuk didalamnya. Dalam permasalahan Upgrading System, ada pertanyaan mendasar yang sering ditanyakan sebagian orang "Bolehkah Dalam Satu Komputer/Laptop Dipasang Memori RAM Dengan Model dan Ukuran Yang Berbeda?". Maksud ukuran disini adalah ukuran memori penyimpanannya, contohnya seperti 1Gb, 2Gb, 4Gb dll. Jawaban Admin "boleh". Tentu tidak sembarang boleh, harus ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dan dipenuhi sebelum Anda melakukannya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tipe slot DDR yang tersedia pada mainboard Anda, contoh DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM atau DDR3-SDRAM. Ketika hendak  mengupgrade RAM Anda, cari tau lebih dulu tipe RAM lama yang sudah terpasang pada PC Anda. Untuk memastikan jenisnya bisa dengan melihat langsung pada label yang tertera pada fisik RAM atau jika Anda merasa kesulitan harus membongkar PC Anda sendiri, bisa dengan menggunakan program gratis CPU-Z.
CPU-Z
System Information Tool by CPUID
CPU-Z is a freeware that gathers information on some of the main devices of your system.
Berikut Admin berikan contoh tampilannya:
CPU-Z Memory  Information
Pada tampilan paling atas terlihat tipe RAM PC-nya yaitu DDR3 dengan ukuran totalnya 6144 MB (6GB) dan jika Anda hendak melakukan Upgrading System pastikan RAM baru Anda memiliki tipe yang sama dengan RAM yang lama.
Persyaratan selanjutnya yang harus diperhatikan adalah Timings. Seperti yang diperlihatkan pada gambar diatas, pada bagian Timings terbagi lagi menjadi beberapa komponen seperti Frequency, CL, tRCD, tRP, tRAS dan CR dan pastikan RAM baru Anda memiliki Timings yang sama dengan RAM lama Anda. Untuk pengertian lengkap dari semua istilah di atas Anda bisa mencarinya di Wikipedia.

Lalu pertimbangan selanjutnya yaitu maksimal Bandwitdh, karena hal ini juga penting untuk menjaga keseimbangan kinerja memory Anda dan pastikan juga memori lama dan baru Anda memiliki maksimal Bandwitdh yang sama. Pengalaman Admin Menggunakan 2 Model dan Ukuran RAM Yang Berbeda Dalam 1 Komputer/Laptop
Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat spesifikasi RAM Laptop berikut ini :
CPU-Z SPD Information 4096 Megabytes
CPU-Z SPD Information 2048 Megabytes
Terlihat kan bedanya? Pada Slot #1 terdapat memory RAM dengan ukuran total 4096 Megabytes (4 Gigabytes) dan mereknya adalah Samsung, sedangkan pada Slot #3 terdiri dari RAM yang berukuran 2048 Megabytes (2 Gigabytes) yang diproduksi oleh Hyundai Electronics. Admin sendiri sebenarnya sudah hampir satu tahun menggunakan 2 model dan ukuran RAM yang berbeda dalam satu laptop. Namun Alhamdulillah belum pernah mengalami masalah apapun yang terkait dengan memori RAM.

Saran Admin bagi Anda yang ingin melakukan Upgrading System dan berencana memasang memori RAM dengan model dan ukuran yang berbeda yaitu harap memperhatikan 3 poin diatas, pastikan RAM lama dan baru Anda memiliki tipe yang sama, Timings yang sama dan Maksimal Bandwith yang sama pula. Dengan begitu mudah-mudahan kinerja PC Anda tetap dalam keadaan performa terbaik.Semoga bermanfaat.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Januari 10, 2013 Januari 10, 2013

8 Komentar:

  1. min awalnya saya pakai ram 2gb kingston 12800(800MHz). lalu saya tambah 2gb venom 10700H (667 MHz) untuk upgrade ke 64 bit. Efeknya apa? terjadi penurunan performa tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau pengalaman ane di komputer, klw pasang ram beda ukuran yg harus samanya adalah max bandwithnya.. gitu gan..
      btw thanx buat admin yg bikin artikel ini..

      Hapus
    2. bisa mas. walaupun bandwithnya berbeda. Namun kecepatan yang dipakai adalah RAM dengan bandwith yang paling rendah. Bila dibandingkan dengan ram 2 GB (800 MHz) + 2 GB (800 MHz), jelas performa lebih rendah. Namun karena sekarang total RAM adalah 4 GB, pasti terasa lebih cepat dari kondisi semula yang hanya 2 GB.

      Hapus
    3. Kingston 800MHz akan menurun performanya menyesuaikan dengan performa Venom 667 MHz. Boleh dikatakan performa tetap sama sebagaimana sebelum melakukan upgrade. Hanya ukuran memori saja yang bertambah menjadi 4GB.

      Hapus
  2. Permisi suhu numpang tanya masalah penambahan ram. Ram support laptop ane DDR3 PC3-12800 (single channel) dengan max bandwith (800Mhz) kira-kira kalo ane tambahin ram dengan tipe ram DDR3L PC-10600, kompatibel atau engga? dan seandainya kompatibel kira-kira itu jadi masalah tersendiri dan nurunin kinerja laptopnya ga?
    mohon pencerahannya suhu :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompatibel. Sejauh pengalaman saya belum mengalami masalah, soal kinerja juga aman-aman saja. Asal jgn digabungkan antara DDR3 dan DDR3L. Krn kedua RAM tersebut memiliki voltase yang berbeda.

      Hapus
  3. gan kalo dipasang 2 keping ram yang beda timing sementara yang lain sama gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tp RAM yg timings nya lebih tinggi akan memyesuaikan dgn timing RAM yg lebih rndah.
      Namun hal ini tdk disarankan oleh pabrikan. Krn salah satu dr RAM nya akan cepat rusak.

      Hapus