19 Desember 2012

Pengertian Torrent, Tracker, Peer, Leecher Dan Seeder

Sponsored
Pengertian Torrent
Torrent adalah sebuah metode tranfer ataupun saling berbagi data (file sharing) baik itu berupa download dan maupun upload dalam jumlah tertentu (Kilobyte, Megabyte, Gigabyte, Terrabyte) dengan mengguna- kan teknik Peer to Peer (P2P). Maksud Peer to Peer disini adalah terjadinya koneksi langsung antara server, uploader, dan downloader. Dalam metode torrent, pengguna torrent tidak hanya berfungsi sebagai downloader tapi sekaligus juga berfungsi sebagai uploader.

Skema trafik data pada proses upload dan download menggunakan metode torrent mungkin bisa digambarkan seperti bagan berikut ini :
Dalam pembahasan torrent, server sering disebut dengan istilah Tracker. Tracker berfungsi sebagai server, yang mengatur proses download semua user dan mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang mendownload, upload/sharing sebuah file. Server menyimpan sejumlah data seperti berapa banyak peer, leecher, dan seeder info lainnya dari sebuah file torrent.

Peer adalah istilah yang digunakan untuk semua pengguna torrent yang sedang terkoneksi dengan tracker/server baik yang sedang melakukan proses download maupun upload.

Leecher adalah pengguna torrent yang telah selesai melakukan proses download dan mereka tidak lagi terkoneksi ke internet.

Seeder adalah kebalikannya dari leecher, yaitu pengguna torrent yang telah selesai melakukan proses download dan mereka masih terkoneksi ke internet. Karena mereka telah selesai melakukan proses download dan masih terkoneksi ke internet maka Seeder juga berfungsi sebagai uploader, yakni secara otomatis mereka akan menjadi uploder terhadap file yang telah selesai mereka download tadi.

file torrent memiliki ekstensi .torrent. Dalam file torrent tersebut tidak berisi file yang ingin kita download, melainkan berisi berbagai informasi data yang diperlukan untuk mendukung terjadinya proses download. Untuk dapat membuka file torrent tersebut (.torrent), maka dibutuhkan sebuah software yang disebut dengan Client. Salah satu contoh torrent client yang gratis dan sangat umum digunakan adalah uTorrent. Software inilah yang harus Anda install di komputer/laptop Anda nanti.
Untuk langkah instalasi dan cara penggunaan Utorrent pada PC, baca artikel LinTekSi :
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Desember 19, 2012 Desember 19, 2012

6 Komentar:

  1. trims, infonya sangat membantu


    http://teknorc.blogspot.com

    BalasHapus
  2. aku kira leecher itu para downloader yg download via torrent leecher -_-

    BalasHapus
  3. myinfojapan.blogspot.com
    mudah di mengerti

    BalasHapus
  4. kalau kita jadi seeder atau kita seeding, itu mempengaruhi kecepatan downloag kita gak ya ???

    mengingat kalau kita seeding atau menjadi seeder itu sama saja menjadi host / uploader, yang berarti makan internet koneksi juga

    mohon jawabannya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya.. Mempengaruhi.. Namun tdk sbrapa.. Tergantung upload limitnya..

      Hapus
  5. Makasih Gan Infonya Membantu Banget :-h

    BalasHapus