08 Desember 2012

Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4 Dan Legal Pada Microsoft Office

Sponsored
mengatur-ukuran-kertas-f4
Pengaturan ukuran kertas merupakan hal yang sangat penting pada proses percetakan suatu dokumen menggunakan Microsoft Office, ini dikarenakan dengan pengaturan ukuran yang sesuai dapat memudahkan kita mengatur jarak margin di semua sisi kertas baik itu kiri, kanan, atas dan bawah. Sehingga hasil cetakan pun sesuai dengan tampilan yang ada dalam file Microsoft Office.

Sebenarnya Microsoft Office telah menyediakan berbagai macam pengaturan ukuran kertas, lantas kenapa Admin fokus pada membahas topik ukuran kertas F4 dan legal? hal ini dikarenakan mengarah pada fakta di lapangan ada sebagian orang yang salah kaprah dalam menentukan mana kertas yang berukuran F4 dan mana kertas yang berukuran Legal.

Di indonesia, umumnya ada tiga macam tipe kertas yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu F4, Kuarto, dan A4. Sedangkan kertas ukuran Legal sangat jarang digunakan. Pada penerapannya di lapangan, Admin menemukan sebuah kekeliruan yakni kebanyakan orang ketika hendak mencetak suatu dokumen dengan pengaturan ukuran kertas Legal  tetapi menggunakan kertas F4 sebagai media kertasnya. Karena mereka menganggap ukuran kertas legal sama ukurannya dengan kertas F4. Padahal pada kenyataannya mereka memiliki perbedaan ukuran yang sangat signifikan. Alhasil, hasil cetakannya pun jadi amburadul.
Nah, untuk menyelesaikan permasalahan ini pertama-tama Admin akan memberikan sedikit tambahan pengetahuan kepada Anda tentang ukuran kertas (dalam cm dan inci) yang disebutkan diatas tadi.
  1. F4 atau sering juga disebut dengan nama Folio, memiliki ukuran lebar 21,59 cm dan tinggi 33 cm (dalam inci = 8,5" x 13").
  2. Kuarto memiliki ukuran lebar 22,86 cm dan tinggi 27,94 cm  (dalam inci = 9" x 11").
  3. A4 memiliki ukuran lebar 21 cm dan tinggi 29,7 cm (dalam inci = 8,2" x 11,7").
  4. Legal memiliki ukuran lebar 21,59 cm dan tinggi 35,56 cm (dalam inci =  8,5" x 14").
Setelah mengetahui ukuran kertas diatas, Anda tentu sudah bisa membedakan mana ukuran kertas F4 dan mana ukuran kertas Legal. Sekarang Anda tinggal memasukkan nilai angka tersebut sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan.

Pada Microsoft Office Word Anda bisa mengaturnya melalui menu Page Setup, untuk membuka menu Page Setup klik Page Layout > Size > More Paper Sizes. Klik tab Paper dan pada kolom Width masukkan nilai ukuran lebar kertas dan pada Height masukkan nilai ukuran tinggi kertas kemudian tekan OK.
Mengatur Ukuran Halaman Kertas F4
Tutorial Video
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Desember 08, 2012 Desember 08, 2012

17 Komentar:

  1. teeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiimmmmmmmmmmmmmmmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh. membantu sekali

    BalasHapus
  2. terimah kasih atas bantuannya sob,.

    BalasHapus
  3. nice info bro.....

    BalasHapus
  4. MAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAASIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIH BAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAANYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYAAAAAAAAAAAAAAAAK YAAAAAAAAAAAAAAAAAAA BROOOOOOOOOOOOOOOOOOOW :dddddddddddddddddddD

    BalasHapus
  5. hatur nuhun informasina

    BalasHapus
  6. Subhanallahh terima kasih sangat membantu, postingan yang bermanfaat

    BalasHapus
  7. makasih mas info nya :)

    BalasHapus
  8. Betul banget mas, bila kita mencetak dokumen dengan kertas F4, namun setingnya legal, pasti di ujung bawah masih akan tersisa ruang kosong pada kertas.

    BalasHapus
  9. thanks a lot..........................................................................!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  10. Klo setting F4 di Excel gimaanaaa??

    BalasHapus
  11. bermanfaat. terima kasih

    BalasHapus
  12. BERMANFAAT SEKALI trimakasih ya

    BalasHapus