25 November 2012

Pengertian Hardsub, Softsub dan Prerendered

Sponsored
Subtitle
Subtitle adalah teks bahasa yang telah diterjemahkan yang diambil dari dialog dalam sebuah film, video, program televisi atau sejenisnya yang biasanya ditampilkan di bawah video disaat kita memutarnya. Subtitle tersebut bisa berbentuk terjemahan dari dialog dalam bahasa asing ataupun tertulis dari dialog dalam bahasa yang sama, dengan tujuan untuk memudahkan penonton memahami bahasa dan membantu penonton untuk dapat mengikuti dialog yang ada dalam video tersebut.

Secara umum subtile sendiri terbagi kepada 2 bentuk yaitu Open Subtitle adalah subtitle yang bersifat "terbuka untuk semua" dan tidak dapat dihilangkan ataupun dimatikan oleh penonton. Bentuk yang ke 2 adalah Closed Subtitle yaitu subtitle yang dirancang untuk kelompok tertentu, dan biasanya dapat diaktifkan, dimatikan atau dipilih oleh penonton. Berdasarkan distribusinya subtitle bisa dibagi dalam 3 jenis yaitu Hardsub, Softsub dan Prerendered. Dari ketiga jenis tersebut memiliki perbedaan antara satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini :
  1. Hardsub - Dikenal juga dengan nama Hardsubs dan merupakan bagian dari Open Subtitle adalah subtitle yang tidak dapat diubah dan telah digabung dalam frame video asli. Efek transisi yang sangat kompleks dan animasi dapat diterapkan, seperti pada teks lirik lagu karaoke yang menggunakan berbagai macam warna, huruf, ukuran dan  animasi (seperti sebuah bola yang memantul) dll untuk mengikuti lirik lagunya. Oleh karena subtitle ini merupakan bagian dari frame asli maka ia tidak dapat dihilangkan ataupun dimatikan dan juga tidak memungkinkan subtitle ini memiliki beberapa pilihan bahasa dalam sebuah film ataupun video.
  2. Softsub - Dikenal juga dengan nama Softsubs dan merupakan bagian dari Closed Subtitle. Softsub adalah subtitle yang berupa teks petunjuk terpisah dari frame video yang ditampilkan selama pemutaran video. Softsubs relatif mudah untuk dibuat dan diedit, oleh karena itu softsub sering digunakan untuk fansub film yang sering kita download di internet. Biasanya softsub memiliki file terpisah dari videonya dan memiliki format berupa .srt atau .ass. Contohnya: Jika file videonya memiliki nama "the_hacker.mkv", maka subtitlenya akan diberi nama "the_hacker.srt" atau "the_hacker.ass" dimana file subtitlenya berada berdampingan dalam satu folder dengan file video.
  3. Prerendered - Merupakan bagian dari Closed Subtitle. Subtitle ini juga terpisah dari frame videonya dimana posisinya dilapisi diatas video asli. Karena sifatnya berupa lapisan, maka subtitle ini dapat ditampilkan ataupun dihilangkan serta memiliki kemampuan menyediakan dukungan berbagai pilihan bahasa dalam satu subtitle. Subtitle ini juga memungkinkan untuk diedit, meskipun harus melalui proses yang sangat rumit dan memerlukan bantuan software khusus. Prerendered subtitle biasanya digunakan pada subtitle DVD dan Blu-ray.
Setelah membaca penjelasan diatas, Bagaimana? Anda sudah mengerti bukan perbedaan dari ketiganya.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
November 25, 2012 November 25, 2012

6 Komentar:

  1. Terima kasih atas infonya :)

    BalasHapus
  2. Thanks atas infonya, bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. wah... terima kasih om sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. kalau perbedaan LIMO, WITH, dkk(kalau ada) itu apa? masih ngga paham sampai sekarang.

    saeyong

    BalasHapus
  5. terimakasih infonya kakak. ada sumber nya ngga ka, nama penulis nya

    BalasHapus