Home Sitemap Kebijakan Privasi Forum Hubungi Tentang Iklan

06 Agustus 2017

Aplikasi Raport K13 Ringan dan Sederhana Berbasis Excel

Advertisement
aplikasi-raport-k13
Sebelumnya akan LinTekSi perjelas terkait dengan cara kerja aplikasi ini, untuk menghindari kesalahpahaman. Aplikasi ini tidaklah serba otomatis seperti pada aplikasi Raport K13 sebelumnya, deskripsi yang digunakan dalam aplikasi ini haruslah terlebih dahulu dibuat oleh guru pengajar untuk setiap nilai mata pelajaran. Setelah deskripsi siap dibuat, barulah kemudian Microsoft Office Excel secara otomatis menentukan deskripsi yang cocok sesuai dengan nilai yang diperoleh oleh peserta didik.

Aplikasi ini Admin rancang sendiri dan tentunya sesuai dengan keperluan Admin, namun karena ada kaitannya dengan teknologi makanya Admin terbitkan dalam artikel LinTekSi ini. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah agar pengajar terbantu pada penentuan deskripsi yang tepat untuk setiap nilai, sehingga kita tidak perlu mengetik berulang kali jika ada nilai yang sama yang memiliki deskripsi yang sama.

Petunjuk Penggunaan
A. Mengisi Form Deskripsi
Form deskripsi terletak pada Sheet DESKRIPSI. Disana ada form Deskripsi Pengetahuan dan Keterampilan. Kedua form tersebut terproteksi dengan password. Masukkan password "12345k13" tanpa tanda kutip untuk dapat meng-edit setiap kolom.
aplikasi-raport-k13
Anda harus mengisi semua deskripsi untuk setiap nilai mata pelajaran yang diajarkan dalam suatu kelas. Rentang nilai yang Admin gunakan disini dibagi menjadi 8 bagian dengan 8 predikat, yaitu A+, A-, B+, B-, C+, C-, D+, D-.

Jika di sekolah Anda hanya menggunakan 4 rentang nilai dengan 4 predikat yaitu A, B, C dan D, tidak menggunakan nilai seumpama A+ atau A-. Maka deskripsi kolom A+ dan A- dapat dibuat sama, artinya disini nilai 86-100 memiliki predikat yang sama yaitu A dan tentunya memiliki deskripsi yang sama pula. Begitu juga nanti dengan kolom-kolom deskripsi yang lain.

B. Mengisi Form Nilai Raport
Form nilai raport terletak pada Sheet Raport. Form tersebut juga terproteksi dengan password. Masukkan password "12345k13" tanpa tanda kutip untuk dapat meng-edit setiap kolom nilai.

Isi setiap kolom nilai mata pelajaran, kemudian MS Excel secara otomatis akan menentukan deskripsi yang cocok untuk nilai tersebut sesuai dengan deskripsi yang telah Anda buat pada langkah A.
C. Mengenal Fungsi Rumus
Perhatikan rumus pada kolom F22:
=IF(D22>=86;"A";IF(D22>=71;"B";IF(D22>=56;"C";IF(D22>=41;"D"))))
Rumus diatas berfungsi untuk menentukan predikat secara otomatis sesuai dengan nilai siswa pada kolom D22.

Penjabaran fungsi rumus:
=IF(D22>=86;"A";
Jika nilai pada kolom D22 lebih besar atau sama dengan 86 maka predikat pada kolom F22 adalah A.
=IF(D22>=71;"A";
Jika nilai pada kolom D22 lebih besar atau sama dengan 71 maka predikat pada kolom F22 adalah B
Dan demikian pula seterusnya kolom-kolom predikat yang lain.

Sekarang perhatikan rumus pada kolom G22:
=E3&IF(D22>=93;DESKRIPSI!D3;IF(D22>=86;DESKRIPSI!D4;IF(D22>=79;DESKRIPSI!D5;IF(D22>=71;DESKRIPSI!D6;IF(D22>=64;DESKRIPSI!D7;IF(D22>=56;DESKRIPSI!D8;IF(D22>=48;DESKRIPSI!D9;IF(D22>=41;DESKRIPSI!D10))))))))
Rumus diatas berfungsi untuk menentukan deskripsi secara otomatis sesuai dengan nilai siswa pada kolom D22. Deskripsi diambil dari sheet DESKRIPSI.

Penjabaran fungsi rumus:
=E3&IF(D22>=93;DESKRIPSI!D3;
Jika siswa memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 93 maka deskripsi diambil dari kolom D3 sheet DESKRIPSI.
IF(D22>=86;DESKRIPSI!D4;
Jika siswa memiliki nilai lebih besar atau sama dengan 86 maka deskripsi diambil dari kolom D4 sheet DESKRIPSI.
Dan demikian pula seterusnya kolom-kolom deskripsi yang lain.

File 1-Siswa 1.xlsx hanya untuk 1 siswa, untuk menggunakannya pada siswa yang lain cukup dengan melakukan copy paste. Contohnya:

File 1-Siswa 1.xlsx digunakan untuk siswa dengan nomor urut absen 1. Sedangkan untuk menggunakan pada siswa nomor urut absen 2, Anda dapat meng-copy file 1-Siswa 1.xlsx kemudian paste dalam folder yang sama lalu rename nama file tersebut menjadi file 2-Siswa 2.xlsx.

Aplikasi ini dapat bekerja dengan baik pada Microsoft Office 2007 dan 2010, sedangkan pada Office 2003 masih belum Admin coba. Saat pertama kali membuka aplikasi akan ada notifikasi update link, pilih Update.
aplikasi-raport-k13
Pada aplikasi yang Anda download tadi, Anda hanya dapat mengubah data pada kolom deskripsi dan kolom nilai saja, karena sheet-nya sudah Admin proteksi dengan password.

Jika setelah mencoba aplikasi diatas Anda merasa memerlukannya untuk langkah pengembangan dan perubahan bentuk lebih lanjut seperti memperbesar atau memperkecil lebar kolom maka Anda membutuhkan password.

Untuk mendapatkan password, cukup like/suka halaman Facebook LinTekSi lalu kirim pesan ke kotak pesan dengan format 'MOHON KIRIM PASS K13' lalu tunggu beberapa saat kemudian password akan dikirimkan ke kotak masuk Facebook Anda.

Saat di download, aplikasi masih dalam format compressed ZIP. Ekstrak terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya. Semoga bermanfaat.
Aplikasi Raport K13
Office Apps by LinTekSi
Aplikasi raport kurikulum 2013 ringan dan sederhana.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Agustus 06, 2017 Agustus 06, 2017

0 Komentar:

Posting Komentar