Home Sitemap Kebijakan Privasi Forum Hubungi Tentang Iklan

05 January 2017

Korea Selatan Berhasil Membuat Robot Menyerupai Gundam

Advertisement
method-2-by-hankook-mirae-technologi
Jika Anda penggemar Anime tentu sudah terbiasa dengan Robot Gundam, yaitu sebuah robot besar dan tinggi yang dapat dipiloti oleh manusia. Dimana sang pilot berada di dalam tubuh robot dan sepenuhnya dapat mengontrol semua gerakan robot tersebut. Dalam Anime Gundam, gerakan robot pun sangat leluasa layaknya gerakan manusia. Seperti berlari, menembak bahkan bertarung.


Baru-baru ini Korea Selatan yang sebelumnya terkenal dengan artis-artis cantik dan ganteng ternyata juga tidak mau kalah dalam mengembangkan teknologi robot. Dibawah dukungan teknologi Hankook Mirae Technology, sebuah robot yang dinamakan dengan Method-2 pun berhasil diciptakan. Meskipun masih dalam bentuk prototipe, robot tersebut sudah mampu digerakkan dan berjalan dalam uji coba yang dilakukan.
Video uji coba Method-2

Method-2 makes its first steps with a human on board! We're currently revising the frame to reduce the vibration.
Posted by Vitaly Bulgarov on Friday, December 30, 2016

Method-2 adalah robot berawak pertama yang mampu berjalan dengan 2 kaki yang memiliki tinggi sekitar 13 kaki dan berat 1,3 ton. Lengannya saja memiliki berat 286 pound. Robot tersebut di desain oleh Vitaly Bulgarov, seorang desainer yang namanya juga sering disebut sebut dalam film bertemakan teknologi seperti Transformers, Robocop dan Terminator.

Berbeda dengan Gundam, robot ini tidak ditujukan untuk berperang atau menghancurkan musuh. Namun lebih dipenting untuk kegiatan kontruksi, memuat cargo dan misi penyelamatan yang berbahaya dimana kadang-kadang manusia biasa tidak mampu melakukan.

Video uji coba Method-2

Posted by Vitaly Bulgarov on Friday, December 16, 2016

Pembuat berkata bahwa sekarang ini Method-2 masih jauh dari sempurna, masih banyak yang perlu dikembangkan. Termasuk salah satunya yang sedang dialami saat ini adalah masalah keseimbangan dan power sistem. Biasa dibayangkan bagaimana membuat keseimbangan sebuah benda dengan berat 1,3 ton dan tinggi 4 meter. Begitu juga dengan permasalahan pada tenaga baterai yang dibutuhkan untuk menggerakkan setiap bagian tubuh Method-2. Hal ini masih menjadi PR yang harus diselesaikan oleh pengembang dan perusahaan Hankook Mirae Technology.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
January 05, 2017 January 05, 2017
Tampilkan komentar
Sembunyikan komentar

0 Komentar:

Post a Comment

Pertanyaan dan tanggapan dapat menjadi ide baru pada artikel selanjutnya serta menjalin persahabatan sesama Blogger.