Home Sitemap Kebijakan Privasi Forum Hubungi Tentang Iklan

20 Oktober 2016

Memperbaiki Baterai Senter atau Lampu Cas Yang Menyala Redup

Advertisement
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Pada kesempatan ini kita akan bereksperimen dengan perangkat elektronika, LinTekSi akan berbagi tips kepada Anda tentang cara memperbaiki baterai senter atau lampu cas yang menyala redup. Penyebab menyala redup disini adalah karena baterainya yang sudah tidak maksimal lagi dalam menyimpan energi listrik. Hal ini dikarenakan cairan elektrolit di dalam baterai sudah mengering.

Sehingga kita akan mengisi baterai tersebut dengan air aki yang biasanya di gunakan pada mobil dan sepeda motor untuk menggantikan cairan elektrolit yang sudah mengering tersebut. Adapun alat yang kita perlukan disini adalah air aki, obeng untuk membongkar senter/lampu dan jarum suntik untuk menyuntikkan cairan aki ke dalam baterai.

Air aki dapat Anda peroleh dengan membeli di bengkel motor terdekat, mintalah air aki isi ulang (botol warna biru). Bukan air aki zuur (botol warna merah). Sedangkan jarum suntik dapat Anda beli di apotek obat-obatan, untuk ukurannya terserah Anda. Namun Admin disini menggunakan ukuran 3 cc/ml.
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Jika semua perlengkapan telah lengkap, mulailah dengan membongkar senter/lampu Anda. Lepaskan semua baut dengan menggunakan obeng. Lalu cabut baterai dari dudukannya. Posisikan kepala baterai menghadap ke atas.
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Cungkil penutup baterai dengan menggunakan obeng minus (-).
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Kemudian cungkil karet penutup lubang baterai dengan obeng minus (-).
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas

Sekarang dengan menggunakan jarum suntik, sedot air aki yang ada di dalam botol.
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Lalu suntikkan air tersebut ke dalam 2 lobang baterai tadi. Isi sebanyak 2 cc ke dalam lubang pertama dan 2 cc lagi ke dalam lubang yang kedua. Banyaknya cairan aki yang dibutuhkan baterai tergantung dari besarnya ukuran baterai tersebut. Pada lampu cas biasanya menggunakan baterai yang lebih besar dibandingkan dengan yang digunakan pada senter.
memperbaiki-baterai-senter-atau-lampu-cas
Jika semua lubang sudah terisi, sekarang pasang kembali penutup dan karet baterai. Juga rakit kembali senter Anda dengan mengencangkan semua baut-bautnya. Sebelum digunakan sebaiknya senter Anda di cas selama 6 jam, hal ini untuk mengisi kembali energi baterai tersebut sampai penuh. Setelah 6 jam coba nyalakan senter Anda, jika memang kondisi baterai senter Anda masih bagus maka senter akan menyala terang sama seperti pada saat Anda baru membelinya.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
Oktober 20, 2016 Oktober 20, 2016

0 Komentar:

Posting Komentar