Home Sitemap Kebijakan Privasi Forum Hubungi Tentang Iklan

21 June 2014

Membuat Karakter Password (Kata Sandi) Yang Unik dan Sulit Ditebak Tetapi Mudah Diingat

Advertisement
Membuat Karakter Kata Sandi Unik
Password atau pun kata sandi menjadi suatu hal yang lumrah kita dengar dimana saja. Penggunaannya pun dapat kita temukan di berbagai aspek kegiatan sehari-hari; seperti pada akun sosial, login website, akses file dan email serta lain sebagainya. Kebanyakan dari kita sering menggunakan password yang sama untuk semua akun yang kita miliki. Mungkin hal ini dikarenakan kita sulit untuk mengingatnya jika membuat password yang berbeda-beda untuk setiap akun.

Sebenarnya ini adalah kesalahan yang cukup fatal, bayangkan saja jika seorang hacker berhasil memecahkan kode salah satu password akun milik Anda maka secara otomatis si hacker telah berhasil memecahkan semua password akun yang Anda miliki. Untuk itu pada kesempatan ini LinTekSi akan berbagi tips tentang cara membuat karakter password (kata sandi) yang unik dan sulit ditebak serta mudah untuk diingat.

Berdasarkan jumlah karakternya, dalam hal ini kita akan membagi menjadi 2 tipe password yaitu yang pertama password yang jumlah karakternya 9 angka selanjutnya akan kita nama kan dengan Password 9 Digit dan yang kedua adalah password yang jumlah karakternya 12 angka selanjutnya akan kita nama kan dengan Password 12 Digit. Nantinya Anda boleh memilih tipe yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.

Sekarang kita akan lanjut ke penjelasan selanjutnya, baik itu password 9 Digit atau pun 12 Digit akan kita bagi dalam 3 frase. Artinya untuk password 9 Digit maka 3 angka pertama adalah frase pertama, 3 angka kedua adalah frase kedua dan 3 angka terakhir adalah frase ketiga. Contoh penerapannya :
Contoh password : 111222333 
111 adalah frase pertama 
222 adalah frase kedua 
333 adalah frase ketiga
untuk password 12 Digit maka 4 angka pertama adalah frase pertama, 4 angka kedua adalah frase kedua dan 4 angka terakhir adalah frase ketiga. Contoh penerapannya :
Contoh password : 111122223333 
1111 adalah frase pertama 
2222 adalah frase kedua 
3333 adalah frase ketiga
Frase Pertama
Dari ketiga frase tersebut maka frase pertama kita namakan dengan frase Kode Akun. Maksud Kode Akun adalah kode yang berbeda untuk setiap akun berdasarkan urutan akun yang Anda buat. Misalnya Anda memiliki akun di Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan Pinterest, maka contoh frase kode yang dapat Anda gunakan adalah :
  1. Facebook = 001
  2. Twitter = 002
  3. Google+ = 003
  4. LinkedIn = 004
  5. Pinterest = 005
Kode diatas sengaja dibuat berurutan agar mudah untuk diingat. Anda dapat juga mengganti dengan kode yang lain yang berurutan, contohnya seperti 371, 372, 373, 374 dan 375.

Untuk password 12 digit Anda hanya tinggal menambahkan satu angka dibelakangnya, contohnya 0001, 0002, 0003, 0004, dan 0005 atau 3371, 3372, 3373, 3374 dan 3375.

Frase Kedua
Kemudian kita akan lanjut ke frase yang kedua, frase yang kedua ini kita namakan dengan Kode Tetap. Maksud Kode Tetap adalah kode yang tetap dan tidak akan kita ubah dalam jangka waktu yang lama. Kode ini boleh sama untuk semua akun. Usahakan kode ini terdiri dari angka dan huruf, lebih baik jika menggunakan huruf besar dan kecil. Sebagai contoh :
2Br > 9 Digit 
23Br > 12 Digit
Kode diatas terbentuk dari info pribadi seseorang yang lahir pada tanggal 23 di Blitar. Diambil angka 2 dan 23 dari tanggal dan angka B dan r. Sengaja diambil huruf pertama dan terakhir agar mudah untuk diingat.

Untuk inspirasi bagi Anda, mari perhatikan contoh yang lain:
2La > 9 Digit 
23La > 12 Digit
Terbentuk dari kata "23 Blitar", diambil huruf kedua dari awal kata [L] dan kedua terakhir [r] dimana huruf L diubah menjadi huruf besar.
3Rt > 9 Digit 
03Rt > 12 Digit
atau 
Rt3 > 9 Digit 
Rt03 > 12 Digit
Contoh diatas diambil dari informasi pribadi seseorang yang tinggal di RT 03 dengan huruf t diubah menjadi huruf kecil.

Cara diatas hanya sebagai contoh bagi Anda untuk membuat karakter kode password yang unik. Anda dapat menggunakan frase kata yang lain yang mudah diingat.

Frase Ketiga
Sekarang kita akan lanjut ke frase yang ketiga. Frase yang ketiga kita namakan dengan Kode Sementara. Maksud Kode Sementara adalah kode yang akan selalu berubah-ubah. Demi keamanan minimal kita harus mengubahnya setiap 2 bulan sekali. Kode ini pun boleh terdiri dari angka dan huruf dan sama untuk semua akun. Contohnya :
lho atau kon > 9 Digit 
lhok atau ukon > 12 Digit
Dikutip dari kata Lhoksukon. Jika hendak menggunakan nama tempat sebaiknya jangan menggunakan nama tempat lahir atau pun tempat tinggal karena kata ini mudah ditebak, tapi gunakan informasi tempat pribadi yang orang lain tidak mengetahuinya. Seperti nama tempat wisata favorit, nama hewan kesukaan, artis favorit dan lain sebagainya yang bersifat pribadi. Untuk cara pengutipannya sendiri boleh diambil huruf paling depan, huruf tengah atau huruf yang paling belakang.

Berikut Admin lampirkan beberapa contoh password yang dikutip dari contoh-contoh yang ada diatas. 
371 2Br lho 
372 Rt3 ukon 
3374 23Br lhok 
3373 03Rt ukon
Password yang unik dan sulit ditebak tetapi mudah diingat adalah tergantung siapa yang membuatnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.
photo of Safruz Zamal Safruz Zamal - Saffroel Jamal
LinTekSi
Lhoksukon Aceh Indonesia
June 21, 2014 June 21, 2014

0 Komentar:

Post a Comment